“Luminous Japan” by GJUI 24

WhatsApp Image 2018-08-30 at 15.27.11 (1)

 

WhatsApp Image 2018-08-30 at 15.26.46 (1) gjui

 

Gelar Jepang UI atau yang sering disebut GJUI, merupakan acara festival budaya Jepang tahunan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Japanologi Universitas Indonesia. Penyelenggaraan GJUI ke 24 ini memiliki tema “Luminous Japan” dimana hal ini bertujuan untuk menghadirkan budaya pop Jepang yang beraneka ragam dan dapat dinikmati oleh orang-orang di seluruh dunia.

Jika sebelumnya GJUI telah mengundang beberapa artis Jepang ternama seperti Yun*chi dan  Silent Siren. Kali ini, GJUI menghadirkan artis Internasional yang tidak kalah menarik. Mereka merupakan duo rock asal Jepang yang tidak asing di kalangan pendengar anisong dan J-Rock yaitu BACK-ON.

 

IMG_0405 IMG_0443

 

Sabtu (25/08) Kami mendapatkan kesempatan mengikuti press conference dan wawancara eksklusif bersama BACK-ON, mereka merupakan duo vocal yang terdiri dari Kenji03 dan Teeda yang terbentuk sejak tahun 2002 saat mereka masih sekolah. Selain itu, mereka juga mengisi sejumlah soundtrack anime seperti Fairytale, Eyeshield 21, Gundam, dan masih banyak lagi.

lewat wawancara eksklusif tersebut kami mengetahui pendapat mereka mengenai Indonesia untuk pertama kalinya dan lagu favorit yang mereka bawakan selama tampil. Berikut merupakan hasil wawancara kami bersama BACK-ON

IMG_0135

 

Saat pertama kali ke Indonesia, Bagaimana perasaan kalian? Hal apa saja yang menarik tentang Indonesia menurut kalian?

“Karena ini pertama kalinya datang ke Indonesia, tentu hal ini sangat menyenangkan. Di hotel saya makan nasi goreng, ikan bakar, dan sup yang terbuat dari daging sapi namun rasanya pedas. Tentunya semua makanan tersebut sangat enak”

 

Bagaimana fans Back-On di Indonesia menurut kalian?

Teeda : “Saya banyak menerima dukungan dari orang indonesia di sosial media dengan menggunakan tulisan katakana. Selain senang, saya sangat juga sangat bersyukur akan hal tersebut”

Kenji03: “Saya pun juga begitu, fans di Indonesia itu sangat bersemangat. Saya sendiri juga merasakan banyaknya dukungan fans yang ada di facebook membuat saya sangat senang”

 

Apa lagu favorit kalian saat kalian berada di panggung?

Kenji03 : “Akhir-akhir ini lagu favorit yang saya bawakan adalah “FLYAWAY”, sebenarnya banyak lagu yang menjadi favorit saya. Namun, sewaktu-waktu lagu favorit saya kadang sering berubah”

Teeda   : “Kalau lagu favorit saya “Chain”, karna lagu tersebut lagu pertama bertema anime dan lagu yang mulai banyak dikenal di seluruh dunia. Maka dari itu, saya menyukai lagu “Chain” untuk ditampilkan di setiap manggung

 

Siapa yang menginspirasi kalian dalam bermusik?

Kenji03 : “Saya banyak mendapatkan inspirasi dari menonton konser live dan ketika mendengarkan lagu di Spotify, dari sana saya banyak mendapat inspirasi”

Teeda  : “Saya rasa musik berhubungan dengan kehidupan sehari-hari, saya mendapatkkan berbagai inspirasi juga petunjuk untuk membuat suatu lagu”

 

Apakah kalian mengetahui tentang adanya 60 tahun persahabatan Indonesia Jepang? Apa yang kalian harapkan untuk persahabatan antar dua negara ini?

Ya, Kami mengetahui adanya 60 tahun indonesia Jepang karena kami berkesempatan diundang pada acara Fesitival Indonesia di Jepang. Kami harap dengan adanya 60 tahun persahabatan Indonesia Jepang, semakin terciptanya hubungan yang harmonis antar Jepang Indonesia dan semakin banyak kerjasama yang dilakukan oleh kedua negara ini.

 

IMG_0208
IMG_0204

 

Puncak kemeriahan GJUI 24 pada Minggu (26/08) di area parkir FISIP-Fpsiko kemarin masih terasa sampai saat ini. Berbagai rangkaian pertunjukan budaya dari Omikoshi (Shinto-Shrine Carrying Parade) hingga pertunjukan tarian Yosakoi disambut dengan meriah.

Omikoshi merupakan tandu suci yang berfungsi untuk membawa dewa dengan cara diusung ramai-ramai di pundak para pengikutnya, parade inilah yang paling dinanti oleh para pengunjungnya. Mereka yang menonton pun rela berdesakan untuk mengabadikan momen tersebut.

Selain pertunjukan budaya, untuk kalian para pencinta anime udah saatnya nih untuk membuktikan bahwa kalian adalah Cosplayer terbaik! Karna di GJUI terdapat Coswalk Competition, terdapat puluhan orang yang menggunakan kostum dari karakter anime pun ditampilkan disini.

Menuju malam, semakin banyak pertunjukan menarik seperti special band performence. Band yang tak hanya piawai dalam bermusik pop dan rock serta memiliki gaya Visual Kei asal Jakarta ini telah menyita perhatian banyak pengunjung hingga memadati area stage. Siapa lagi kalau bukan HYDRA. Tak kalah meriahnya penampilan dari band HYDRA, Kali ini Tokyolite tampil bersama dengan The Heavenly Project yang turut ikut serta mengguncang panggung GJUI 24.

Hingga saat yang paling ditunggu penampilan dari BACK-ON! Mereka membawakan 10 lagu lebih dan berhasil membuat semangat pengunjung GJUI 24 bergejolak dan membuat suasana stage semakin panas.

 

IMG_0401

 

Sesuai dengan tema GJUI tahun ini suasana luminous Japan semakin terasa dengan adanya DJ Otagroove dan diakhiri dengan adanya Hanabi atau pesta kembang api menutup rangkaian acara GJUI 24.

 

IMG_0261